KAJIAN LITERATUR TENTANG STRATEGI PEMBELAJARAN IPS YANG MENDUKUNG PENGEMBANGAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA

Penulis

  • Irfandi R. Hi Mustafa Universitas Nahdlatul Ulama Maluku Utara

Abstrak

Abstrak

Penelitian ini bertujuan utntuk mengkaji literatur terkait dengan strategi pembelajaran pada Ilmu Pendidikan Sosial (IPS) yang efektif untuk mendukung pengembangan keterampilan berpikir kritis siswa. Penelitian ini berfokus mengeksplorasi berbagai pendekatan dan metode yang dapat digunakandalam pengajaran IPS untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam berpikir kritis dan kreatif. Metode pada penelitian ini menggunakan pendekatan dengan menganalisis berbagai artikel, buku, dan publikasi akademik yang berkaitan dengan strategi pembelajaran IPS untuk pengembangan keterampilan berpikir kritis. Sumber-sumber yang ditinjau mencakup jurnal pendidikan, buku dan penelitian terbaru yang membahas metodologi pengajaran IPS dan keterampilan berpikir. Hasil kajian literatur menunjukkan bahwa masing-masing strategi memiliki dampak yang signifikan dan unik dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa, strategi pembelajaran seperti metode inquiry, diskusi kelas, debat, dan studi kasus menawarkan pendekatan yang beragam namun saling melengkapi untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis siswa dalam mata pelajaran IPS.

Keyword: Strategi, Pembelajaran IPS, Pengembangan Keterampilan, Berpikir Kritis, Siswa.

Unduhan

Diterbitkan

2025-01-14

Cara Mengutip

R. Hi Mustafa, I. (2025). KAJIAN LITERATUR TENTANG STRATEGI PEMBELAJARAN IPS YANG MENDUKUNG PENGEMBANGAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA. Soskep, 1(1). Diambil dari http://journal.unutara.ac.id/index.php/soskep/article/view/24

Terbitan

Bagian

Artikel