UPAYA GURU MATA PELAJARAN IPS DALAM MENANAMKAN KARAKTER DISIPLIN DAN TANGGUNG JAWAB SANTRI KELAS VIII PESANTREN SALAFIYAH ALKHAIRAT SASA

Penulis

  • Fahrun Yamin Universitas Nahdlatul Ulama Maluku Utara

Abstrak

ABSTRAK

Dari hasil observasi yang peneliti laksanakan di tanggal 17 Maret serta 24 Maret 2023 ditemukan sebesar 52% santri berasal dari sejumlah santri kelas VIII yaitu 23 santri tidak mengerjakan tugas pada mata pelajaran IPS Terpadu. Penelitian ini bertujuan mengetahui dan menganalisis upaya guru mata pelajaran IPS dalam menanamkan karakter disiplin serta tanggung jawab santri melalui pembelajaran IPS Terpadu pada kelas VIII Salafiyah Alkhairat Sasa. Penelitian ini memakai metode penelitian kualitatif. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis deskriptif. hasil penelitian ditemukan bahwa upaya pengajar mata pelajaran IPS dalam menanamkan karakter disiplin dan tanggung jawab yaitu melalui prinsip Contextual teaching and learning (CTL) yang dimana pengajar mengkaitkan antara materi yang dipelajarinya menggunakan situasi global konkret santri. Beberapa kendala dalam penanaman karakter disiplin serta tanggung jawab tersebut, yaitu diantaranya a) Faktor keluarga/family, b) Faktor lingkungan, c) Pembelajaran bold, d) Faktor berasal diri santri. Sedangkan solusi adanya hambatan pada penanaman karakter displin dan tanggung jawab tadi yaitu melalui, a) Kontrol oleh kepala Pesantren , b) peran aktif pengajar

Unduhan

Diterbitkan

2025-01-14

Cara Mengutip

Fahrun Yamin. (2025). UPAYA GURU MATA PELAJARAN IPS DALAM MENANAMKAN KARAKTER DISIPLIN DAN TANGGUNG JAWAB SANTRI KELAS VIII PESANTREN SALAFIYAH ALKHAIRAT SASA. Soskep, 1(1). Diambil dari http://journal.unutara.ac.id/index.php/soskep/article/view/13

Terbitan

Bagian

Artikel